Tips Tetap Bugar Meski Sedang Traveling

foto orang berdiri di depan kaca sambil melihat pesawat yang baru landing


Biasanya, kalau sedang  traveling atau liburan, kita sering mengabaikan yang namanya “rambu’rambu” pola hidup sehat. Seakan hari itu kita sebut hari bebas berbuat apa saja. Ya, apa saja yang ada di depan mata langsung disikat. Melihat makanan lezat meski berkadar lemak tinggi atau juga junk food yang beredar disetiap anda melangkah selalu menggoda Anda, semua masuk ke dalam mulut tanpa ada “warning!”. Minuman berkadar soda dan alkohol tinggi pun menjadi minuman sehari-hari Anda. Pokoknya Anda seakan bebas ebebas-bebasnya.

Stay away from diet and healthy life.


Tapi, ketika liburan usai, dan Anda kembali beraktivitas  office hours, anda baru menyadari kalau berat badan Anda mulai “membengkak” dan sering merasa sakit [egal linu. Hmm, sadarkah Anda kalau penyebabnya itu adalah akibat pola makan dan pola hidup yang tidak sehat Anda lakukan saat traveling atau liburan sebelumnya. Anda pun menyesalinnya dengan menangis Bombay berhari-hari karena penyakit yang menyerang Anda nggak pergi-pergi juga.  Seperti kata pepatah, penyesalan selalu datang terlambat. Kalau datang duluan, namanya pendaftaran (garing ya…?!)

Well, agar traveling Anda tetap berjalan perfect dan juga usai traveling badan Anda juga tetap fit, Gue memberikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang suka jalan-jalan tapi malas menerapkan hidup sehat. Simak ya…

Sarapan Sehat

sarapan di Hardrock hotel bali

Biasanya kalau kita liburan nginapnya pasti di hotel, villa, homestay, bungalow atau apa saja deh. Tempat Anda menginap tentu menyediakan paket nginap plus breakfast. Pilihlah paket yang ada breakfastnya, supaya Anda tidak bingung mencari-cari tempat breakfast di kota atau ngara yang baru Anda kunjungi. Kemudian, Pilihlah santapan pagi Anda yang sehat, segar dan fresh. Meski disekitar meja breakfast terhidang aneka jenis asupan yang menggugah selera Anda. Tapi, abaikan godaan syetan itu. Anda harus komitmen mengasup healthy food and healthy drink. So, perut kenyang tapi no worry lemak datang.

Sempatkan Olahraga
berenang di hotel Padma Ubud, Bali

Sebenarnya, hal yang paling malas dilakukan saat liburan adalah bangun pai-pagi dan olahraga. Rasanya Anda ingin berlama-lama di tempat tidur menikmati kasur empuk dan udara AC nans ejuk di dalam kamar hotel. Tapi, dengan alasan ingin menyaksikan matahari terbit, ada baiknya Anda bangun cepat, kemudian berjalan kaki menuju lokasi terbaik menyaksikan matahari terbit. Dengan berjalan kaki di pagi hari, tanpa Anda sadari, Anda sudah mmebugarkan tubuh Anda.  Anda juga bisa berlari-lari pagi di area hotel. Apalagi kalau hotel tersebut menyediakan fasilitas tempat fitness, kolam renang dan juga Yoga. Kenapa Anda tidak memanfaatkannya?

Berenang di Pantai
berenang di pantai kuta, bali


Jika liburan Anda di kawasan pantai, Ada baiknya Anda manfaatkan suasana pantai menjadi sarana Anda berolahraga. Berenanglah sepuas-puasnya di pantai sambil menunggu momen matahari terbenam. Berenang merupakan olahraga paling manjur membakar kalori di dalam tubuh. Jadi, meski Anda sudah makan begitu banyak di saat liburan. Tapi karena Anda rajin berenang, maka lemak-lemak yang ada di tubuh Anda langsung minggat seketika. Lakukanlah.

Chill out without  Alcohol.
minum bir bersama teman-teman

Biasanya, kalau lai traveling, gue sering menikmati dunia malam dimana kota atau Negara yang gue kunjungi. Karena Liburan tanpa chill-out ke klub-klub yang happening rasanya kurang afdol. And aboleh menikmati dunia malamnya, tapi Sebaiknya Anda menghindari minuman-minuman berkadar alkohol tinggi. Pilihlah minuman sehat seperti gin, orange juice, air mineral atau minuman-minuman sehat lainnya. Anda bisa menikmati musik sampai anda benar-benar “lupa diri” karena luapan kegembiraan sambil berdisko di lantai disko merupakan olahraga juga lho.

Jalan Kaki
berjalan kaki sambil melihat-lihat pemandangan

Kalau sedang traveling ke Bali, gue paling suka berjalan kaki. ENtah kenapa, hanya di Bali lah kita bisa berjalan kaki sepuas-puasnya tanpa dipandang “aneh” oleh orang-orang yang melihat. Kapan lagi kita bisa berjalan kaki sebanyak-banyaknya kalau bukan di Bali. Atau di Phuket, Bangkok dan beberapa Negara lainnya. Begitu juga dengan Anda, ketimbang naik mobil atau motor, pilihlah berjalan kaki jika Anda liburan di pulau atau pantai. Berjalan kaki juga sangat manjur membakar kalori lho.

Air Mineral
Air mineral di hotel padma ubud bali.


Gue bersyukur karena bukan penikmat minuman bersoda. mungkin dalam setahun, bisa dihitung dengan jari berapa kali gue minum minuman bersoda, Ya, sekali atau dua kali doang. itu juga karena ada event yang mewajibkan minuman minuman bersoda. Selebihnya gue lebih doyan minum air mineral. Mungkin gue tergolong “rakus” air mineral. Apalagi saat liburan, gue selalu membawa air mineral di dalam backpack gue. Minum air mineral jauh lebih sehat ketimbang minuman bersoda atau berwarna lainnya. Karena minuman tersebut mengandung zat  pewarna, gula, garam serta rasa-rasa lainnya. Anda ma uterus-terusan kehausan oleh karena terlalu sering minum minuman bersoda?  Stay away deh!

Tidur Yang Cukup
Dulu, kalau liburan ke Bali, hampir setiap malam kerjana gue dugem dan dugem. Alhasil setiap hari mata baru terpejam menjelang pagi hari, atau bahkan tidak tidur seharian. Tapi, pola traveling "kampung" seperti itu gue tinggalkan. Gue lebih memilih traveling sehat yang menerapkan tidur secukupnya. Bukan tidur seingatnya ya.. Jadi, keesokan harinya gue bisa melakukan aktivitas baru lagi dengan tubuh yang tetap fit dan bugar. So, you guys, sleep enough is better than sleepless ya.. 


So, siapa bilang saat traveling Anda tidak bisa menerapkan pola hidup sehat? 






Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....