MENDAKI GUNUNG MERBABU PART 1 : SEBUAH JANJI DI HARI ULANGTAHUN




4 November 2016 lalu,
disaat banyak warga JAkarta dan warga daerah lain juga nyusup ke Jakarta untuk melakukan aksi DEMO, Tapi gue malah memilih hengkang dari Jakarta menuju kota SOLO, untuk melakukan NAZAR akan naik gunung di Hari Ulangtahun gue.

Ya, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang hari lahir gue (1 November), gue pasti melakukan perjalanan ke somewhere dengan tujuan untuk melakukan perenungan atau melakukan intropeksi diri setelah menapakai usia yang semakin banyak ini. Tujuannya kalau tidak naik gunung, traveling ke sebuah pulau, kota atau negara yang gue anggap sebuah destinasi yang memiliki makna.



Kali ini pilihan gue naik GUNUNG BERBABU. Tidak ada alasan secara spesifik kenapa gue memilih naik gunung Merbabu. Semua terjadi secara spontan dan dengan "nekad" gue ikut open trip yang digelar oleh MDPL_Indoensia (yang berujung penyesalan ikut open trip yg digelar orang2 yg kurang profesional). Setelah mendapat informasi, akhirnya gue setuju ikut open trip tersebut. Informasi awal yang diberikan pihak MDPL biaya peserta dikenakan sekitar Rp.550.000/person. Itu sudah tiket kereta PP (Senen-Boyolali). Tapi, karena gue memilih naik pesawat tentu yang dipotong ongkos transportasi bukan??? Kalau transportasi sekali pergi dikenakan biaya Rp.160.000 atau 100-an gitu dehhhh, tentu gue tidak membayar 550 bukan?? tapi si pemilik MDPL bilang gue dikenakan biaya Rp.400 rb, kalau tidak ikut rombongan. Meski sedikit berat tapi gue sanggupi. Asal, semua sesuai ITENERARY yang mereka buat.

BACA JUGA: MENDAKI GUNUNG PAPANDAYAN



HARI H... (4 November)
Gue berangkat dari Jakarta menuju kota Solo. Karena, katanya dari Solo menuju Boyolali lebih dekat ketimbang jika gue mengambil rute Jkt-Jogja. Akhirnya gue milih ke Solo dan naik LION AIR. Untuk deh kali ini Lion On time dan tidak make delayed sampe berjam-jam. Semoga image buruk Lion semakin lama bisa dirubah menjadi image baik. Image itu harus dijaga. Sekali orang tidak percaya, ya wassalam.. seumur-umur image buruk itu akan nempel terus.

Dari Jakarta ke Solo hanya membutuhkan waktu CUMA 50 menit saja. Sedangkan kalau ikut rombongan gue harus menahan kesabaran selama 13 jam. karena kalau naik kereta atau bus, butuh waktu perjalanan selama 13 jam. Busyettt bisa panas tuh pantat. Nyampe di Solo, gue dijemput teman yang kebetulan tinggal di Solo. Anak Solo yang dulu sempat magang di kantor gue. Jadi deh gue dipandu olehnya selama beberapa jam di Solo. Makan nasi lesehan plus numpang manding di rumah eyang-nya.

BACA JUGA: MENDAKI GUNUNG RINJANI

Sekiatr jam 9 malam, teman gue mengantarkan gue ke Boyolali naik motornya. Jarak Solo ke Boyolali sekitar 1 jam. Lumayan lahhh naik motor di kota orang. Dan perbedaan cuaca yang teramat berbeda antara Solo dan Boyolali adalah, Solo Gerah sedangkan Boyolali Dingin...

Nyampe di Boyolali sekitar jam 10 malam, kemudian gue terpaksa menunggu teman-teman baru gue yang bakal naik gunung bareng gue. Mereka masih dalam perjalanan naik bus (seharusnya naik kereta terpaksa naik bus karena tiket kereta habis). Dengan terpaksa gue menunggu  mereka di sebuah warung kopi gaul di Ampal. Untung pemilik warung atau kafe kecil tersebut sangat baik. Oiya, nama kafe-nya Join Kopi Ampal. Berkunjunglah kalau sedang ke Ampal. Pemiliknya bernama Fajar dan cukup baik. gue menunggu teman-teman di kafe tersebut dari pukul 11 malam sampai pukul 02:00 dini hari. Padahal pemilik kafe sudah lama hendak tutup, karena gue masih menunggu seorang diri dengan wajah ngantuk dan memelas. Akhirnya dia menemani gue sampai teman-teman datang. (Thanks mas Fajar...)

PUKUL 02:00 DINI HARI




Gue bertemu dengan ke 9 orang teman-teman baru gue (dua orang perwakilan dari MDLP_Indonesia) si penggagas open trip. Setelah berkumpul di depan Alfa Mart Ampal, kami langsung diboyong ke Basecamp naik mobil pick up. Udara subuh semakin dingin. Apalagi ketika sampai di basecamp udara semakin menusuk kalbu (cieee, kalbuuu). Karena persis di bawah gunung. Oiya, sebelum ke basecamp, salah seorang dari team si open trip nyuruh kami beli minuman dan bekal masing-masing untuk stock sepanjang pendakian. Air mineral masing-masing bawa 2 atau 3 botol gede.. (bukannya seharusnya logistik sudah menjadi tanggung jawab si pelaku open trip bukan? ) 
(kesalahan pertama mulai muncul)

BACA JUGA: MENDAKI GUNUNG BROMO

Karena masih dini hari, kami masih punya waktu untuk istirahat sejenak. Pendakian akan dimulai pukul 08:00 Pagi. Kami pun memanfaatkan waktu tersisa untuk me-recharge tenaga alias istirahat. FYI: Di basecamp cukup banyak pendaki yang juga hendak mendaki. disini memang tempat ngumpul dan mendaftarnya para calon pendaki.  Saling berkenalan satu sama lain itu hal yang wajar. Karena sepanjang pendakian akan saling tertemu juga.

Pukul 07:00 PAGI
Kami sudah mulai berkemas-kemas untuk mendaki. gue dan teman-teman sebenarnya sudah menunggu KESADARAN si pelaku open trip menyediakan atau memesankan sarapan untuk peserta rombongan. Ya, namanya juga naik gunung, masak tidak dikasih sarapan? Karena tidak ada inisiatif dari team open trip, akhirnya kami pesan makan sendiri-sendiri dan (ternyata) bayar sendiri-sendiri. SIALAN..!! mulai curiga gue, pasti ini team nggak beres. Bener saja, selesai makan, kami disuruh bayar sendiri-sendiri. Padahal di ITENERARY tertera biaya makan sudah ditanggung si MDPL ...
(kesalahan kedua mulai muncul dipermukaan)





PUKUL 08:00 PAGI
Kami berangkat meninggalkan basecamp. Sebelum berangkat kami berdoa dulu, biar selamat sampe puncak dan kembali ke basecamp juga tetap selamat. NAmanya juga di alam bebas, we never know what will happen. Jadi berdoa itu WAJIB! setelah itu, kami pun mulai mendaki bersama para pendaki lainnya. Suasana pun masih asyik-asyik saja. gue dan teman-teman satu team meski baru kenal tapi keakraban sudah terjalin. Tidak ada yang ngerasa hebat dan jago. Kami mendaki jalan setapak perlahan-lahan tapi pasti...


Seperti apak kelanjutan kisahnya???

Tunggu di cerita berikutnya ya....



Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....