Posts

Showing posts from June 26, 2016

ITIKAF.....KEWAJIBAN ATAU KEINGINAN?

Image
ITIKAF
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
I'tikaf (Itikaf, iktikaf, iqtikaf, i'tiqaf, itiqaf), berasal dari bahasa Arab akafa[1] yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mutakif.

APA ITU Itikaf?
gue sering menanyakan itu pada teman dekat gue. kebetulan, setiap bulan Ramadhan tiba, dia pasti mengasingkan diri dari pergaulan. Gue pikir mau kemana nih anak??? bahkan setiap diajak ngumpul untuk buka puasa bareng (meski gue bukan puasa), dia selalu menjawab kalo sedang berada di luar kota, sedang itikaf.
Kemudian dia pun menjelaskan apa itu Itikaf dan apa fungsinya. Gue pun akhirnya memahami kalo niat baik sobat gue itu benar2 ingin fokus menjalankan ibadah selama bulan ramadhan. Gue pun sangat mendukung keinginannya itu. …

QUALITY TIME ABSURD....

Image
Beberapa waktu lalu, gue dan teman-teman  akrab sedang ngadain acara buka puasa bersama. Judulnya sih quality time. Tapi, kalo menurut gue, semua itu Quality Time absurd. Karena di erat merajalelanya gadget/smart phone di tangan, yang namanya quality time sebenarnya sudah menjadi "barang langka". Elu bisa  saja mengatakan kalo elu sedang quality time bersama keluarga, bersama pacar, bersama adik2, bersama anak2 atau juga bersama BFF elu. Tapi, √©lu yakin kalo saat berkumpul itu Anda benar2 berkumpul bukan "berkumpul??" (pake tanda kutip)
Keraguan gue memuncak ketiga gue dan teman2 juga melakukan dating quality time, dengan alasan kangen dan karena sudah lama nggak ketemuan. Tidak ketawa ketiwi . bahkan saat ngobrol di grup wassap, semua begitu antusias mengatakan setuju untuk bertemu. Semua bilang  "sudah kangen! Sudah lama nggak ketemu! Pokoe ketemu!"
Tapi, saat ketemu, apa yang terjadi saudara2???
Menit pertama saling cipika-cipiki... Menit kedua mulai …

OH, LOCAVORE UBUD....

Image
Waktu itu, gue dan Jaja, teman gue, sedang bertugas di Bali. Tepatnya kawasan di Ubud. Kebetulan beberapa hari aktivitas kami dikerjakan di sekitaran Ubud. Nginapnya juga antara Ritz Carlton Mandapa dan Padma Ubud.   Bosan mencicipi hidangan dari hotel, gue dan Jaja pun mencoba ngider wilayah Ubud untuk mencari santapan makan malam yang lezat. Sebelum meninggalkan hotel, teman gue sudah browsing restoran atau kafe yang recomended. Ya, minimal masuk ke dalam daftar resto rThe ebst atau ecomended versi trip Advisor atau sejenisnya. 
"Kayaknya kita coba Locavore deh. Soalnya dia masuk Asia's best 50 Reastaurant in Asia.."ujarnya. Tanpa pikir panjang, gue menyetujui ajakannya. 
Kami langsung meluncur ke kawasan pusat keramaian Ubud diantar supir mobil hotel. 
Locavore sendiri berada di jalan Dewi Sita Ubud. Setelah di drop sama supir di sekitaran Dewi Sita, kami mulai meraba2 mencari letak restoran tersebut. Dalam benak gue Locavore itu restoran yang BESAR dan MEGAH, jadi k…

Review : Four Point Hotel by Sheraton - Bandung

Image
Pengen nginap di hotel ini?? 
Kayaknya nggak nyesal deh. Karena Anda bisa merasakan sensasi yang "beda" dari hotel-hotel yang pernah Anda inapin (ya iya lah... mana ada hotel yang di cap sama dengan hotel lain... hehheheh)Konsep Hotel ini cukup bikin betah menatap bangunannya. Ya, bergaya kolonial gitu deh. Hampir semua bangunan di dominasi warna putih. meski ketika masuk ke dalam bangunan, ada kombinasi hitam di sela-sela warna putih. ya, kombinasi dua warna favorit gue deh... Hitam dan putih. 
Perfecto!!!
Konon katanya, Four Point Hotel akan menjadi salah satu icon kota Bandung dengan julukan “White House”-nya Bandung.  Ya, semoga saja bisa terwujud. MAsalahnya, apa mungkin semua wara Bandung setuju dengan predikat tersebut? Secara, banyak mulut banyak suara bukan??


Anda juga bisa menikmati makan malam romantis di Saffron Restaurant. Ketika memasuki restaurant tersebut, Anda seakan dibawa ke Negara Eropa dengan sentuhan desain serta ornament hitam putih dan juga lampu gantung …

" I HATE PUASA......"

Image
"I HATE PUASA..!!!" Umpat teman gue saat ketemu dengannya kemaren malam.
"WHY???" tanya gue penasaran.
"Setiap bulan puasa, gue boros banget. Uang gue cepat ludes." jawabnya kesal.
"WHY???" tanya gue lagi.
"Soalnya setiap bulan puasa kebanyakan buka puasanya di resto,  kafe atau tempat-tempat keraiaman yang sedang happening lainnya." terangnya lagi.
"Kenapa lu nggak buka puasa di rumah? Pasti lebih hemat kan?"
"Soalnya banyak undangan buka puasa bareng sih. Jadi, mau nggak mau harus datang. Ntar kalo nggak datang dianggap nggak hits."
"Ooo, seperti itu? Trus, kenapa lu salahin puasanya? Kenapa lu benci puasanya? Justru yang harus lu benciin adalah diri elo yang belum bisa mengontrol hawa nafsu elu dong. Hawa nafsu untuk sebuah pengakuan."

Akhirnya obrolan seputar Puasa dan berbuka di tempat-tempat mewah dan mewajibkan dia harus mengeluarkan dana yang tidak sedikitpun terjadi.



Menurut teman gue yang merupa…