Bukit Campuhan di Ubud Yang menjadi Instagramable Place

Mungkin pemilik akun instagram sering melihat foto pemandangan yang begitu indah di Ubud, Bali, dn sangat menggoda untuk dikunjungi.  Tempat wisata yang satu ini memang sangat instagramable dikalangan pengguna Instagram. Bahkan para penyuka traveling pun tidak mau ketinggalan memposting foto-foto mereka saat sedang berada di lokasi ini. Nama lokasinya Bukit Campuhan. Tapi, entah kenapa belakangan ini terselip kata “Cinta” ditengah-tengahnya, menjadi Bukit ”Cinta” Campuhan. Meksi kata cinta tidak mutlak dicantumkan untuk nama lokasi tersebut.

Konon katanya, banyak pasangan muda-mudi memadu kasih di tempat nan indah ini, kemudian foto-foto mereka berlatar belakang hamparan luas ilalang nan hijau terpampang di akun sosmed Instagram.  Maka, seketika tempat tersebut menjadi fenomenal dan membuat banyak pasangan muda mudi berlomba-lomba ingin mengabadikan foto-foto mereka disitu. Maka jadilah Bukit Campuhan menjadi Bukit “Cinta” Campuhan.  Berkat promo gratis di sosmed, Bukit “cinta” Campuhan kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Ubud, Bali.

Rasa penasaran itu jua lah yang menghantarkan gue dan beberapa teman untuk mengunjungi tempat ini. Meski sudah berkali-kali ke Ubu (maklum, Bali is my fave place to relax my body and soul). Tapi,  meski sering ke Bali, namun lokasi Bukit “cinta” Campuhan belum pernah terusik oleh gue. Meski nama campuhan sudah sangat familiar ditelinga gue. Hingga akhirnya,  Akhir tahun 2016 kemarin, gue pun memutuskan untuk ke Bali dengan tujuan utamanya ke Bukit campuhan. Gila bukan?!

Meski Ubud begitu familiar bagi gue, namun gue masih belum ngeh juga dengan bukit tersebut. Karena masih buta akan lokasi Bukit Campuhan, gue dan teman-teman pun mulai mengaktifkan aplikasi google map di smartphone. Namun, gue juga aktif bertanya pada warga setempat yang kebetulan melintas di depan gue. Petunjuk arah yang mereka berikan jauh lebih praktis ketimbang jasa google map yang ada digenggaman.

Jalan menuju ke lokasi memang sedikit rumit.  Karena tidak ada rambu-rambu petunjuk arah menuju lokasi secara jelas. Selain itu, jalur masuk ke bukit pun tertutup oleh bangunan-bangunan dan hotel-hotel. Sebagai patokan utama adalah Museum Blanco yang ada di jalan raya Ubud.  Mobil saya parkirkan di tempat parkir kemudian kami pun berjalan kaki menuju  jembatan yang ada di dekat museum.  kami pun memulai trekking dengan mengikuti  jalur treeking yang terbentang luas sepanjang 2 kilometer. Meksi siang itu gue hanya mengenakan sandal jepit saja. But, it’s no problem.

Jalur trekkingnya sendiri telah dibangun dengan baik selebar kira-kira 1,5 meter menggunakan paving block, sehingga bagi pejalan kaki jalur tersebut sangat lah membantu.  kami menelusuri jalur tersebut sambil menikmati pemandangan yang didominasi warna hijau karena bukit tersebut ditumbuhi ilalang-ilalang nan subur setinggi satu meter. Banyak turis-turis asing memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat jogging.  Kamera ditangan gue pun mulai aktif mengabadikan setiap sudut yang menurut gue menarik untuk diabadikan.

Ketika sudah berada di puncak bukit Campuhan, kami pun dapat merasakan keindahan lokasi ini.  Dari atas bukit  kami bisa melihat kalau bukit Campuhan diapit oleh dua lembah kecil dengan aliran sungai dimasing-masing sisi. Ada juga pepohonan nan rindang dan juga pohon kelapa berdiri kokoh di puncak bukit  yang menjadi “pemanis” bukit ini untuk berfoto.

Anda tentu tidak ingin ketinggalan untuk mengabadikan diri Anda di bukit “cinta” Campuhan ini bukan? Jika sedang berada di Bali, sempatkan diri Anda untuk mengunjunginya. Dijamin tidak akan menyesal. Tapi, FYI, karena Bukit “cinta” Campuhan merupakan kawasan suci bagi umat Hindu, maka, saat berada di lokasi, Anda dilarang keras melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji. Karena, di sudut kawasan tersebut tertera peraturan secara tertulis tentang larangan-larangan yang wajib dipatuhi saat berada di lokasi ini. Ada sanksi hukum adatnya, lho. Selain itu ada denda-denda lain yang wajib Anda patuhi yaitu: Denda materi, denda barang dan juga denda jiwa atau denda dengan tenaga.

Persawahan

Selain menikmati hamparan luas ilalang, kami kembali menelusuri kawasan Campuhan sampi menemui pemukiman penduduk. Disana kami masih sempat menikmati kelapa muda dingin dan cemilan. Sambil bertanya-tanya tentang lokasi campuhan.
Kami menemukan persawahan penduduk. Kaum ibu-ibu saling gotong royong hendak memanen padi yang mulai menguning. Bahakn mereka sama-sama mendorong kereta mesin penggiling padi yang ukurannya cukup berat.

Sebenarnya kami ingin melihat persawahan yang konon katanya cukup luas. Namun, keterangan dari ibu-ibu setempat melunturkan nyali kami. Mereka bilang, padi-padinya sudah di panen, jadi hamparan sawah sudah kosong dan hanya tinggal sisa-sisa batang padi.

Akhirnya, kami pun kembali meninggalkan pemukiman warga sambil kembali melintasi Bukit campuhan.

Comments

1. ASS..WR.WB.SAYA PAK ALERSKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH