Tips Mudik Biar Tidak Bikin Mumet




Mudik sudah menjadi kewajiban setiap tahun bagi mereka yang merantau. Momen mudik selalu menjadi momen yang dinanti-nanti. Tidak peduli bagaimana rumit dan sulitnya saat hendak mudik. Mulai dari mencari tiket pesawat, kereta, bis dan armada lainnya. Belum lagi harga tiket yang melonjak drahtis menjelang momen akbar tersebut. Selain urusan tiket, banyak juga printilan-printilan lain yang membuat “terkadang” mudik itu bikin mumet. Mulai dari mempersiapkan barang-barang yang mau dibawa, hingga oleh-oleh untuk sanak saudara. Atau, jika mudik mengendarai kendaraan pribadi, Kamu juga harus memeriksakan kendaraan Anda di bengkel. Perhatikan kelayakannya.

Nah, supaya, mudik kamu tidak bikin mumet, ada baiknya mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1.         Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari
Tidak perlu heran kaua menjelang mudik harga semua tiket transportasi melonjak drahtis. Oleh karena itu, untuk menghindari lonjakan yang bikin mumet, ada baiknya kamu memesan tiket jauh sebelum “membanjirnya” pemburu tiket untuk mudik lainnya. Selain harga tiket masih lebih murah, kamu juga tidak perlu antri atau kehabisan saat beli di tiket online.
Selain tiket pergi, kamu juga harus membeli tiket pulang juga. Jangan menunda-nunda membeli tiket setelah berada di kampung. Bisa jadi harga tiket melonjak dua kali lipat lebih mahal. Kecuali, kalau kamu betah di kampung halaman. 



2.         Servis Kendaraan
Kalau kamu memilih mudik naik kendaraan sendiri, hal yang harus diperhatikan dan dijaga adalah kesehatan kendaraan dan juga diri kamu. Periksakan ke dokter dank e servis mobil sebelum memulai perjalanan. Apalagi kampung halaman kamu jaraknya cukup jauh. Stamina di wajibkan harus prima. Juga kendaraan kamu juga harus fit. Jangan sampai salah satunya ada yang bermasalah.

3.         Minimalis Barang Bawaan
Sangkin excited hendak mudik, segala-galanya hendak dibawa untuk dipamerkan di kampung. Itu kuno! Sudah nggak musim pamer-pameran. Emang tujuan kamu di kampung mau bukan pameran alias bazar? Sebaiknya, minimaliskan barang bawaan kamu agar tidak menjadi beban dan juga over bagasi. BAwalah seperlunya saja. Mulai dari pakaian, oleh-oleh dan juga keperluan lainnya. Toh di kampung masih ada sanak saudara yang bisa saling pinjam meminjam. Seperti yang sering gue lakukan kalau mudik, meminjam baju atau celana abang gue yang memang masih satu ukuran . namanya juga saudara. 



4.         Bawa Oleh-Oleh atau Kirim Lewat Jasa Pengiriman
Selain mudik, Bawa oleh-oleh sepertinya sudah menjadi tradisi yang wajib dilakukan. Namun, banyak yang terlalu berlebihan membawa oleh-oleh sehingga mirip orang yang sedang pindahan. Itu membuat kamu ribet sendiri. Jika memang pengen bawa oleh-oleh dalam ukuran banyak, sebaiknya oleh-oleh tersebut bisa kamu kirim via jasa pengiriman jauh sebelum kamu mudik. Selain praktis, juga tidak membebani saat mudik?  Ketika nyampe di kampung, oleh-oleh yang dikirim tersebut pun nyampe juga.

5.         Jangan Membawa Barang Yang Tidak Penting
Terkadang, kita berfikir kalau di kampung nanti membosankan atau jenuh. Maka,  kamu membekali diri dengan barang-barang elektronik yang serba kekinian. Mulai dari perlengkapan permainan games, laptop, gitar dan perlengkapan lainnya. Yang akhirnya benda-benda tersebut tidak tersentuh.  Karena, ternyata di kampung kamu menemukan suasana baru yang jauh mengasyikkan. Oleh karena itu, kalau mudik jangan lebay membawa barang-barang yang tidak penting. Mubajir cuy!

6.         Jangan Lupa Perlengkapan P3K
Mau naik kendaraan pribadi atau pun naik transportasi umum lainnya, yang wajib kamu persiapkan adalah “bekal” kesehatan. Alias perlengkapan P3K. Obat-obatan itu perlu dibawa. Misalkan, obat sakit kepala, masuk angin, obat maag atau obat-obatan yang sering menggganggu kesehatan kamu. Karena pertolongan pertama yang bisa menyelamatkan kamu dari rasa sakit ya bekal obat-obatan tadi. Jangan sampai saat diserang penyakit kamu malah panic at the disco lari-lari  nyari kesana kemari.

7.         Persediaan Makanan di Kendaraan
Bekal makanan dan minuman juga wajib kamu persiapkan. Ya, seperti snack-snack dan minuman ringan. Perjalanan jauh dan kita tidak pernah memprediksi apa yang bakal terjadi saat dalam perjalanan. Persiapkan bekal makanan dan minuman secukupnya. Ya, sekali lagi, buat jaga-jaga. Kalau rasa lapar dan haus menyerang kamu sudah memiliki bekalnya. 


8.         Bawa perlengkapan Kamera
Mudik sama dengan liburan. Rasanya tidak klop kalau perjalanan kamu nan seru itu di abadikan lewat foto atau video. Apalagi sekarang eranya social media. Nggak klop kalau tidak posting di sosmed. Oleh karena itu, selain hape keluaran mutahir, kamu juga mempersiapkan kamera yang bisa mengabadikan semua perjalanan kamu dengan baik. Jangan lupa juga perlengkapan batere, charger serta tripod jika dibutuhkan.

9.         Bawa Uang Secukupnya
Tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang berlebihan saat dalam perjalanan. Bawa secukupnya. Jika kurang, kamu bisa mengambilnya lewat mesin ATM. Tujuannya selain menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, uang kamu juga bisa lebih terkontrol pengeluarannnya.



10.   Pakai Pakaian Yang Simple
Banyak orang mudik saltum. Diperjalanan engenakan pakaian yang serba komplit. Celana panjang, baju panjang, jaket, kaos, sepatu dll dll.. duh, ribet banget hidup lo. Sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang membuat kamu gerah. Pilih pakaian yang simple dan membuat pergerakan kamu nyaman dan tidak membuat kegerahan. Nggak perlu sok ngartis saat mudik. Yang ada kamu mumet sendiri karena sepanjang perjalanan kamu merasa kegerahan. Cukup celana Bermuda, kaos, sandal, kacamata hitam, topi . Simple bukan?

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....