Simak, 10 Tips Menjadi Vlogger Pemula





Dulu, banyak traveler yang suka  traveling menuliskan kisah perjalanannnya ke dalam blog pribadi mereka. Mereka disebut Blogger. Kemudian, pengalaman tersebut di share dan dibaca banyak orang.Namanya pun booming sebagai traveler dan blogger. Sehingga cap traveler identic dengan vlogger begitu kencang. Bahkan Dunia blogger menjadi bagian dari traveler.

Kini, era mulai bergeser ke era digital. Beberapa tahun belakangan in (3 atau 5 tahunan kali ya)i, dunia bloggerperlahan-lahan  mulai digeser posisinya dengan dunia vlogger, Meski tidak bedah jauh dengan blogger, Vlogger semakin banyak dilirik penggila traveling dan bidang-bidang lainnya. Jika Blogger menuangkan imajinasinya dalam bentuk tulisan, Vlogger menuangkan kisah perjalanannya dalam bentuk visual alias video. Maka lahir lah julukan Vlogger. Bisa jadi, “oknum-oknumnya” alias pelakunya sama. Yaitu mereka-mereka yang suka ngeblog juga (seperti gue). Mungkin ada rasa jenuh atau ingin mencoba sensasi baru setelah bertahun-tahun berkutat dengan tulisan. Meski tidak semua blogger bisa menjadi vlogger karena tidak semuah blogger bisa mengedit video sehingga video Vlog-nya bisa ditonton. 

BACA JUGA: TIPS TRAVELING BERSAMA VLOGGER

Meski sama-sama menuangkan ide kreatif dalam bentu karya, antara menulis dan video. Namun, jika dibandingkan menulis, bikin vlog sedikit lebih sulit dan ribet. Banyak tahapan-tahapan yang harus dipelajari agar bisa menjadi vlogger.

Berikut beberapa Tips yang harus kamu perhatikan jika ingin menjadi VLOGGER.

1.         KAMERA

Jika Blogger punya senjata wajib yaitu laptop, berbeda dengan Vloger. Mereka wajib memiliki senjata laptop dan kamera. Ya, fungsinya tentu supaya bisa merekam video perjalanan saat traveling dan mengedit di laptop atau komputer. Banyak jenis-jenis kamera yang dipakai Vlogger. Tapi, sebisa mungkin pilih karema yang gampang dibawa dan difungsikan tanpa pakai ribet. Nggak perlu memaksakan diri memiliki kamera professional yang beratnya setengah mampus, trus harus punya tele yang bermili-mili. Untuk membawa perlengkapannnya saja sudah segambreng, gimana mau memfungsikannya?  Yang ada kamu stress duluan sebelum “berperang”.

Banyak kamera-kamera berukuran kecil (mirrorless) tapi fungsinya sudah seperti kamera professional. Gue memiliki kamera Canon Powershot G7X dan Fujifilm XA2. Hasilnya menurut gue luar biasa tajam. Dan sangat praktis dibawa kemana-mana. Jadi, untuk pemula, nggak perlu beli kamera yang super gede dan prof supaya dibilang keren. Yang penting kamu bisa menggunakannya.


2.         TRIPOD/GOZILA/TONGSIS

Kalau sudah punya kamera, ada perlengkapan lain yang wajib kamu punya, yaitu tripod atau gozila atau tongsis (utk smartphone kelas wahid). Dulu, gue paling malas bawa-bawa tripod karena ribet. Tapi, setelah melihat-lihat video teman yang gambarnya soft dan bagus, ternyata untuk menghasilkan gambar bagus tidak bergerak, kamu harus pakai alat. Ya, salah satunya tripod atau gozila.

Tapi, kalau kamu tetap keukeuh tidak mau bawa alat tersebut, kamu bisa menggunakan benda-benda lain yang ada disekitar saat kamu hunting foto atau video. Usahakan jangan bergerak karena akan mempengaruhi hasil gambar.

3.         BISA MENGGUNAKAN DAN PUNYA TASTE

Suatu kali, gue terpesona dengan kamera canggih milik teman gue. Kecil tapi harganya selangit. Tapi, apa yang terjadi? Seteah melihat hasil foto-foto dan videonya, tidak ada yang membuat gue terperangah atau specta! Biasa-biasa saja. Dengan santai dia cuma bilang,”Abis, gue nggak bisa foto dan video. Jadi, ya asal jepret dan rekam saja.”

Nah, tidak semua orang yang punya kamera (mahal/murah) bisa mengoperasikannya. Oleh karena itu, jika berniat menjadi Vlogger, sebaiknya kamu juga bisa menggunakan “senjata” kamu itu. Jangan terlalu bergantung pada orang lain. Yang ada ntar kamu malah nggak bisa-bisa sampe bangkotan. Belajar lah dengan orang yang mahir atau buka yutub pelajari tutorialnya yang bertebaran di jagad yutube.

4.         BISA NGEDIT (ADOBE/AFTER EFFECT DLL)

Pe-er yang paling berat dari Vlogger adalah dibagian EDITING.  Mungkin vlogger-vlogger terkenal banyak menggunakan jasa orang lain atau mereka memiliki team. Jadi, si blogger hanya modal cuap-cuap di depan kamera, tapi yang bagian ngerekam sudah ada tugasnya, bagian editing juga sudah ada tugasnya. Jadi, si vlogger itu modal tampang doang.

Tapi, kalau kamu pengen menjadi Vlogger mandiri alias Vlogger tunggal, sebaiknya kamu harus belajar ngetdit video. Lagi-lagi ikuti tutorial di yutube yang banyak memberikan faedah. Kamu harus bisa menguasai ADOBE PREMIER atau AFTER EFFECT atau perangkat-perangkat editing lainnya. Dengan demikian, kamu bisa membuat video dan ngedit sendiri. Ada kepuasan tersendiri juga ketika karya kamu sendiri bisa kamu pajang di yutube channel kamu. Syukur-syukur yang nge subscribe semakin banyak.

5.         TENTUKAN TEMA

Semakin menjamurnya vlogger semakin membuat kamu penasaran ingin mengikuti yang menjamur itu. Tapi, supaya tidak menjadi follower, sebaiknya kamu bisa menentukan, kemana arah vlog yang bakal kamu buat? Tanya diri kamu kira-kira apa minat yang begitu dominan di dirimu? Misalkan kamu suka jalan-jalan, sebaiknya kamu buat vlog tentang traveling, jalan-jalan atau apalah yang berhubungan dengan jalan-jalan. Misalkan kamu suka kuliner, buat tentang kuliner. Suka masak, suka blusukan, suka menolong orang susah, suka hewan atau apa lah itu. Nggak usah ngikuti gaya vlogger-vlogger lain karema kamu akan capek sendiri. Again, be your self. Dengan demikian kamu menjalaninya juga dengan santai tanpa beban karena pengen terlihat sama dengan yang kamu plagiatin.

Jangan membuat vlog yang isinya gado-gado. Penonton akan kebingungan melihat jatidiri anda. So, be yourself

6.         SUB FOR SUB

Kalau di dunia sosmed Instagram ada istilah Follower. Kalau di dunia yutube atau vlogger ada istilah Subscriber. Nah, subscriber itu perlu banget bagi yutuber atau vlogger. Semakin banyak yang subscribe channel kita, semakin besar kemungkinan kita mendapat iklan atau semakin besar peluang kita mendapat endorsement atau iklan dari adsense. Supaya yang nge subscribe vlog kamu banyak, kamu juga harus rajin mempromosikan channelmu. Kamu harus rajin juga nge subsribe channel vlogger lain. Ya, istilahnya SUB FOR SUB. Sekalian menjalin persahabatan di dunia vlogger.

7.         RAJIN HUNTING & POSTING

Supaya video kamu semakin banyak, maka, kamu juga harus rajin hunting atau jalan-jalan sambil ngerekam. Gimana mau disebut vlogger kalau mau posting video saja jarang. Atau tergantung mood. Sebaiknya, kamu membuat jadwal, dalam sebulan berapa kali posting video. Sama halnya kayak blogger, supaya tuiisan mereka sering di baca ya mereka harus rajin nulis. Vlogger juga demikian. Harus rajin-rajin posting deh.

8.         MASUK KOMUNITAS

 
Sebagai sesama vlogger biasanya ada komunitasnya. Biasanya, di komunitas tersebut bertebaran di social media FB, Twitter, Insta atau wasap grup. Tidak ada salahnya kamu ikut bergabung. Dengan demikian kamu bisa nyuri-nyuri atau mengambil ilmu dari mereka yang sudah senior. Banyak bertanya di grup jika kamu masih belum faham istilah-istilah di dunia vlogger. Semakin banyak teman semakin banyak ilmu yang kamu dapat.

9.         HARUS KREATIF


Terkadang, kalau melihat channel vlogger yang sudah senior, rasanya videonya kok keren dan asyik untuk dilihat. Nah, kamu juga bisa seperti mereka asal kamu kreatif. Rajin belajar di tutorial juga bisa membuat video video kamu tidak monoton dan juga semakin membuat videomu semakin berwarna. Ciptakan kreativitas dari segi editan atau juga dari segi pengamblan gambar. Percayalah, mereka yang senior-senior dulu juga cupu saat pertama masuk ke dunia vlogger.

10.  DAFTARKAN KE ADSENSE

Sekarang kenapa semakin banyak orang bercita-cita menjadi vlogger atau yutuber? Ya, karena ternyata disitu juga menjadi lahan basah untuk meraup keuntungan. Jika channelmu sudah banyak peminatnya, sudah banyak subscribernya, kenapa tidak kamu daftarkan ke Adsense? Karena, dengan terdaftarnya channel kamu, maka kesempatan meraih keuntungan lewat Adsense gede lho… Nggak percaya??? Lihat saja vlogger vlogger muda, berapa penghasilan mereka dalam sebulan dari adsense???

Nggak tergoda???


Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....