EXPLORE CANDI JIWA DI RENGASDENGKLOK (LAGI)

CANDI JIWA

Tiga tahun yang lalu, gue sempat mengunjungi kawasan Candi Jiwa dan Candi Blandongan yang berada di Daerah Rengasdengklok, Karawang. Ceritanya sudah gue tulis disini Waktu itu, rasanya penasaran gue akan ada situs bersejarah di Karawang lah yang mengantarkan gue berjibaku dengan kemacetan menuju lokasi ini. Setelah hampir 1.5 jam berkendaraan, plus nanya sana sini, akhirnya gue tiba di lokasi. Gue benar-benar tepaku melih situs bersejarah berada di tengah-tengah sawah. Konon katanya situs bersejarah itu sudah berdiri pada jaman kerajaan Sriwijaya dan Tarumanagara itu. Hmm, kisahnya baca di tulisan gue yang lama ya....


CANDI JIWA

Kedatangan gue untuk yang kedua kalinya berawal dengan adanya informasi kalau di kawasan Candi ada Festival Goyang Karawang (akhir September lalu). Gue pun penasaran seperti apa festival goyangan khas kota Karawang itu. Tapi, kedatangan gue masih terlalu dini, sehingga acara masih belum dimulai bahkan keesokan harinya acara di gelar.

Kadung sudah berada di lokasi, untuk membunuh kekecewaan, maka gue kembali explore kembali Candi Jiwa dan Candi Balndongan. Kira-kira ada yang berubah nggak? Eh, ternyata tidak. Meski, tiga tahun lalu, ketika datang, ada pemugaran di Candi Jiwa dan Blandongan akibat bencana. jadi, kala itu gue tidak bisa leluasa melihat Candi-candi tersebut.

CANDI JIWA

Kini, pemugaran sudah tidak terlihat lagi dan kedua candi tersebut sudah terlihat kokoh dan megah. Hanya saja, sekarang tidak semua orang bisa masuk ke kawasan tersebut. Ya, mungkin demi keamanan dan kelestarian candi itu sendiri. Maklum lah, banyak pengunjung yang suka tidak emmahami arti situs bersejarah. Yang ada mereka main naik saja, coret sana sini dan meninggalkan sampah yang berserakan dimana-mana.

Ada baiknya juga sih diberlakukan peraturan seperti itu demi "melatih" pengunjung untuk bisa lebih aware dan menjaga kelestarian candi-candi ini.

Comments

Popular posts from this blog

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan