TRAVELING SAMBIL BUKA JASA JASTIP, ITU SERU!



Dulu, setiap kali traveling kemana pun, kebiasaan teman-teman yang susah dilepaskan adalah “minta oleh-oleh”. Entah sudah menjadi tradisi atau memang mupeng, kebiasaan tersebut seakan menjadi turun-temurun. Menurut gue, kebiasaan tersebut harus dimusnahkan dari daftar minta meminta. Karena, selain menjadi beban bagi yang sedang traveling, juga sangat merepotkan. Gimana tidak? Ketika kita lagi pengen menikmati perjalanan, eh, beberapa daftar pesanan sudah menanti. Kalau tidak dipenuhi pasti deh mulutnya ngember kemana-mana. “pelit lah, sombong lah, dan belagu lah.”
Pokoknya bad image langsung menyerbu.

Tapi, sekarang justru gue diuntungkan. Juga mungkin teman-teman yang suka traveling lainnya cukup diuntungkan dengan adanya ide “Jastip” Alias jasa titip. Entah siapa penggagasannya, yang jelas ide tersebut sangat menolong. Kenapa demikian? Ya, karena, itu sangat menguntungkan kedua belah pihak. Yang nitip nggak perlu repot dan yang dititipi juga tidak merasa kerepotan untuk membeli. Karena, selain sudah dikasih uangnya, juga ada jasa titipnya juga sih..
Seperti yang gue alami, ketika sedang  Traveling di beberapa negara. Atau sebutlah di Bangkok. Kebetulan perlengkapan elektronik dan produk kecantikan juga fashion cukup murah disana.

Waktu itu teman minta dibeliin cover untuk macbooknya. Kebetulan di Jakarta harganya masih mahal. Sedangkan di Bangkok setengah dari harga jual di Jakarta. Lalu, gue pun membantu membeli sesuai dengan model, bentuk, warna yang tertera dalam foto yang di kirim via WA.  Dan, dia pun suka. Eh, gue mendapat jasa titip Rp.100 rb. Padahal gue nggak matokin harga jasa lho.
Begitu juga ketika teman minta di beliin celana chinos dan kaos-kaos yang lagi nge trend. Harganya memang sangat jauh lebih murah dibandingkan di Jakarta. Akhirnya, gue pun membelikan pesanannya dan gue mendapat jasa titip yang bisa membeli kaos dan celana seperti yang mereka titipkan. Lumayan kan…
Asyik kan?


Gimana sih caranya agar kita bisa menjadi Jastip saat hendak berpergian? Gampang! Lu nggak perlu susah payah teriak sana sini. Cukup ikuti beberapa tips di bawah ini:
1.    Aktif di Sosmed
Hal yang paling gampang adalah, kamu harus aktif di sosmed dengans egala aktivias travelingmu. Usahakan follower sosmed kamu juga cukup memadai untuk promosi jastip. Jangan sampe follower kamu cuma sodara dan keluarga doing. Trus mereka juga ogah jastip malah pengen minta gratisan.  So, aktif di sosmed itu penting ya.

2.    Tulis Status
Biasanya kamu suka nulis status tentang kegiatan-kegiatan receh kamu. Nah, seminggu atau dua minggu sebelum kamu mau traveling ke luar negeri, sebaiknya kamu mulai halo-halo di sosmed. Bilang saja kalau kamu mau traveling ke negara mana. Siapa yang pengen dibeliin sestau yang mereka inginkan bisa pake jastip kamu.
3.    Catat Yang pesan
Ini penting! Kalo ada yang pesan, langsung kamu buat list di hape atau di note kamu. Catat nama, pesanan, item, harga dll.  Bila perlu, kalau mereka mengirim foto yang mereka pengen, kamu harus saved, Agar pesanan sesuami dengan keinginan.
4.    Kroscek di Internet
Ketika teman sudah pesan,ada baiknya kamu juga melakukan kroscek ulang barang-barang tersebut dengan harganya. Jadi, dengan demikian, kamu bisa tahu, dimana membeli barang tersebut plus harganya.
5.    Yakinkan si Calon Pembeli
Takutnya, sudah dibeli, eh yang pesen nggak mau bayar dengan alasan cuma iseng. Oleh karena itu, kamu harus menyakinkan, kalau orang tersebut benar-benar pengen pesan bukan iseng.
6.    Cash And Carry
Sebenarnya, untuk cari aman, sebelum kamu membeli, kamu harus meminta uang di transfer oleh si calon pembeli. Dengan demikian, kamu tidak perlu was-was barang yang sudah kamu beli tidak akan dibeli. Cash and carry is better dari pada tar sok tar sok.
7.    Buat Grup Sesaat
Supaya lebih gampang berkomunikasi dengan orang-orang yang nitip, sebaiknya kamu buat wAG (wasap grup) sementara. Dengan demikian, kamu bisa hemat quota, hemat waktu dan tidak pusing dengan menghubungi satu persatu si pememsan. Kali aja dengan mengirim foto-foto yang hendak kamu beli, di grup tersebut ada juga yang naksir dan pengen dibeliin juga. Nambah deh…
8.    Daftar List Barang Yang sudah di Beli
Setelah membeli, ada baiknya kamu juga kembali membuat daftar list dan menyocokkan pesanan tersebut. Setelah benar-benar yakin tidak ada yang terselip, maka, barang-barang langsung kamu packing di satu bungkusan. So, barang tidak berserakkan kemana-mana.
9.    Awas Over Weight
Barang bawaan over bagasi bisa menambah biaya yang tidak sedikit lho. Jika kamu tidak ingin nombok di bagasi, sebaiknya kamu sudah konfirmasi ke mereka hal-hal buruk tersebut. Jika mereka mau menanggulangi over bagasi, it’s ok. JAngan sampe kamu tidak dapat untung gara-gara semua keuntungan dipake untuk bayar bagasi yang over.
10. Testimonial
Testimonial itu perlu lho untuk promo bisnis jastip kamu. Semakin banyak yang merasa puas dengan jastip kamu, maka semakin banyak juga yang pengen pesan pada kamu. Caranya, kamu suruh mereka menulis testi di akun sosmed mereka tentang kepuasan jastip yang kamu lakukan. Usahakan mereka benar-benar puas lho…
Nah, demikianlah beberapa tips jastip yang bisa kamu terapkan jika hendak traveling. Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan

TERNYATA PIJAT ++