10 KULINER WAJIB DI CICIPI SAAT TRAVELING KE KOTA RANTAUPRAPAT

















Kotanya sih kecil. Tapi kalau urusan kuliner, hmmm, jangan ditanya deh. Seminggu berada di kota ini, dijamin berat badan kamu akan bertambah. Ya, seperti yang gue alami, dua minggu stay di kota berpenduduk tidak lebih dari….. berat badan langsung naik hingga 5 kilo.

Busyett!!!!

Tapi, apa mau dikata, penyebabnya karena kuliner di kota kecil berpenghasilan Sawit dan Karet ini banyak yang menggota iman. Biasanya kalau pagi perut hanya diisi dengan sarapan sehat seperti oat meal atau buah-buahan, di kota ini, perut kamu akan dimanjakan dengan sarapan makanan berat, seperti Lontong Sayur, Nasi lemak, ketan campur serundeng, lupis, cenil, kue-kue basah yang benar-benar menggugah selera. Di kota ini, sejak pagi perut sudah diisi dengan makanan berat. Jadi, mungkin wajar kalau banyak wanita atau pria di kota ini memiliki badan lebih besar alias gendut dikarenakan asupan makanan yang serba berlemak dan berkalori tinggi.

Tapi, tidak ada salahnya kan kalau sedang berkunjung ke kota ini, kamu mencicipi aneka jenis makanan yang patut kamu coba? Berikut ada 10 jenis kuliner yang cukup popular di kota RantauPrapat yang patut kamu coba.

1.     LONTONG SAYUR

Lontong Sayur sepertinya sudah menjadi makanan khas jika datang ke Sumatra Utara (Medan dan sekitarnya termasuk kota RantauPrapat). Meski di Jakarta atau kota-kota lain juga ada yang menjual makanan khas ini, namun, entah kenapa rasa dan tekstur lontong sayurnya di Sumatra tidak ada yang bisa menandingi. Mulai dari lontongnya yang pulen, aneka sayuran yang terkandung di dalam satu piring lontongnya, kuahnya, serta aneka racikan lainnya yang membuat Lontong khas RantauPrapat ini (juga) bikin kangen. Tidak heran kalau Lontong Sayur sering dijadikan makanan di kala pagi hari untuk sarapan, makan siang hingga malam. Karena bisa mengenyangkan.

2.     PISANG GORENG BUMBU

Ini salah satu makanan favorit gue sejak kecil hingga hampir bangkotan gini. Meski banyak teman-teman di Jakarta suka terheran-heran kalau gue makan pisang goring di kasih bumbu pecal. Namun, bagiku cemilan ini sangat nikmat tiada tara. Bayangkan dalam sehari, gue bisa makan pisang goring bumbu hingga dua porsi. Rasa pedas dari bumbu pecalnya di kombinasikan dengan pisang goring kriuk kriuk yang ada manis asemnya, membuat makanan ini terasa nikmat tiada tara. Nggak percaya? Cobaik dulu!!!

3.     MIE ACEH

Meski judulnya “Mie Aceh”, namun disepanjang jalan di pusat kota RantauPrapat, banyak di jumpai warung atau kedai yang menjual Mie Aceh. Sama halnya seperti Lontong Sayur, Mie Aceh Rantauprapat juga memiliki rasa yang beda. Campuran bumbu serta racikan lainnya bisa membuat Mie Aceh disini selalu menjadi incaran untuk dimakan. Ada Mie Aceh telur, Mie Aceh Seafood atau juga Mie Aceh Goreng dan Kuah. Semua tergantung selera lidah Kamu. Biasanya, kalau sudah makan Mie Aceh, minuman yang ditawarkan beraneka makacm. Mulai dari Teh Tarik, Kopi Tarik atau pun teh manis panas/dingin. Tapi, kalau gue pasti memesan Teh tawar atau teh tong hangat.

4.     KETAN (PULUT) DITABUR SERUNDENG

Kudapan dikala pagi juga sering dijumpai seperti Ketan (pulut) putih di campur serundeng atau kelapa dioseng hingga berwarna kuning kecoklatan, atau juga kelapa parut tanpa oseng. Biasanya, ketan serudeng/kelapa parut ini bisa dikombinasikan dengan pisang goreng di atasnya dan dimakan bersamaan dengan ketan. RAsanya, Hmmm, bikin nagih deh. ketannya yang pulen serta aroma kelapa sangrai atau kelapa parutnya bikin semakin menambah nafsu makan. 

5.     CENIL/LUPIS/KUE2 BASAH

Cenil, lupis dan kue-kue basah juga sering menjadi santapan untuk sarapan. Aneka warna dan rasanya yang manis terkadang sering menggoda iman untuk mencicipinya. Jadi, wajar kalau berat badan kamu akan bertambah karena sejak pagi sudah disuguhi kudapan seperti cenil, lupis dan kue-kue lainnya.

6.     MIE GOMAK

Sama seperti di kota Medan, di Rantauprapat juga banyak yang menjual Mie Gomak. Misa capur telur, gading atau seafood. Mie Gomak sebenarnya tidak berbeda dengan Mie goreng lainnya. Hanya saja, Mie gomak ini lumayan melegenda juga sebagai santapan di kala pagi hari. Kenapa disebut Mie Gomak, karena saat menghidangkannya, mie tersebut di gomak alias di ambil pakai tangan (gomak).

7.     NASI SOTO

Kuahnya yang bersantan, rasanya yang gurih, membuat Nasi Soto sangat pas dimakan saat siang hari. Meski malam dan pagi hari juga sudah ada yang menjual Nasi Soto. Campuran bihun, irisan daging ayam, sayur tauge, daun seledri, perkedel dan irisan jeruk nipis membuat nasi Soto ini juga mengangenkan. Seporsi terkadang tidak cukup. (bagi gue ya…. Hehheheh)

8.     MISO

Meski bentuk dan campurannya hampir sama dengan Soto, namun Miso tidak dicampur dengan kuah bersantan. Kuah Miso cenderung bening yang sudah dicampur kaldu dan bawang goreng sehingga rasanya berbeda dengan Soto. Tapi, keduanya sama-sama nikmat tiada tara.

9.     LONTONG SATE BUMBU KACANG


Meski di Jakarta juga banyak yang menjual Sate bumbu kacang. Namun, Sate di RantauPrapat sedikit berbeda. Bumbu kacangnya yang Tidak pelit sehingga meluber hingga menutupi lontong dan satenya, sehingga membuat rasa Sate dan bumbunya bikin ngiler. 

10.  LONTONG PECAL

Lagi-lagi bumbu pecal menjadi andalan di kudapan ini. Lontong pecal itu sama halnya dengan pecel. Hanya saja, pecalnya dicampur lontong kemudian di balurin dengan bumbu kacang yang sangat gurih. Jadi deh lontong pecal yang nikmat.



Comments

Popular posts from this blog

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan