10 TEMPAT KULINER YANG WAJIB DIKUNJUNGI SAAT TRAVELING KE RANTAUPRAPAT



Setiap kota yang saya kunjungi pasti memiliki keunikan dan ke-khasan tersendiri. Selain makanan, juga tempat-tempat nongkrong sambil menikmati kulinernya. Begitu juga dengan Kot rantauprapat. Kota kecil yang merupakan kota dimana saya dilahirkan hingga dibesarkan. Setelah lama merantau, kota ini banyak perkembangan. baik dari segi tempat juga kulinernya. 

Berikut ada 10 tempat yang menjadi rekomendasi ketika kamu berkunjung ke kota penghasil sawit ini. Simak ya...

1.     KEDAI KOPI AKUR (Jln: Ahmad Yani)

Kedai kopi ini memang sangat melegenda. Sejak masih kecil hingga gede begini, kedai ini sudah established. Jadi tidak heran kalau kedai kopi ini cukup terkenal di kota ini. Selain kopi susu, kopi hitam-nya yang lezat, kedai ini juga terkenal dengan roti bakar dan selai sarikayanya. Kalau tidak mencicipinya kamu bakalan menyesal.
Harganya juga sangat-sangat masuk diakal dan tidak membuat kantongmu kempes.

2.     KEDAI MAKAN OZIEL (Jln. WR.Supratman)

Pertama kali mencicipi nasi gorengnya, aku langsung nagih dan keesokan harinya datang dan beli nasi goreng disitu. Ternyata tempat ini cukup terkenal dengan kelezatan makanannya.  Selain nasi goreng, Kedai Oziel juga menjual Sate lontong bumbu kacang, Mie rebus, Gado-gado, Nasi Soto dan Miso. Dan, semuanya sangat-sangat recommended untuk dicicipi. Dan, yang bikin kaget, semua makanan yang dihidangkan porsinya sangat mengenyangkan alias sangat banyak.

Dan, yang bikin kaget lagi, semua jenis makanan di bandrol dengan harga Rp. 10.000,- saja. Busyet! Kalau di Jakarta, jenis-jenis makanan yang tertera di atas itu bisa di bandrol sekitar Rp. 20 rb hingga Rp. 30 ribu.

3.     WARUNG WAK SIKAT (Jln: Beringin)

Kalau dilihat dari wujud warungnya sih, mungkin banyak yang anggap sepele. Tapi, kalau sudah mencicipi menu-menu yang dihidangkan, dijamin bakalan nggak nyesal deh. Warung Wak Sikat sudah cukup terkenal di kota ini. Dia menjual aneka jenis makanan yang bisa mengenyangkan perut. Sebut saja Miso, Pecal, Lontong Pecal, Gado-Gado, Pisang Goreng Bumbu, sate kerang, sate jengkol, sate telur puyuh dan banyak lagi. Jadi, datanglah kesini disaat perut sedang lapar. Dijamin smeua menu akan kamu SIKAT sesuai nama warungnya.

4.     WARKOP LABONG (Jln: Meranti)

Meski usia Warkop ini masih seumur jagung, tapi, tempatnya memang enak untuk nongkrong sambal “martarombo” berjam-jam. Belum lagi suguhan kopinya bisa bikin kamu datang dan datang lagi. Terdapat aneka jenis suguhan kopi yang rata-rata berasal dari Sumatra. Salah satunya dari Tanah Karo. Kamu tingga request kopi apa yang kamu suka. Jangan lupa cicipi Kopi susu Sanger-nya. Rasanya mengingatkan saya akan aroma dan rasa kopi Vietnam yang cukup kondang di Vietnam. Bahkan, kopi tersebut sering mejadi oleh-oleh khas kalau traveling kesana.

Padahal, saya tergolong orang yang kurang menyukai kopi, tapi sekali mencicipi kopi susu Vietnam, eh langsung suka. Begitu juga dengan kopi Sanger-nya Labong, eh langsung nagih. Nggak percaya? Buktikan sendiri. Datang dan nikmati kopi-kopi yang ada disana. Dan saya merekomendasikan Kopi Sanger!

5.     KEDAI ROTI BAKAR ON MADA (Jln: Ahmad Yani)

Di kota RantauPrapat memang sangat banyak warung dan kedai penjual kopi. Mungkin karena kotanya yang kecil sehingga banyak penduduknya yang suka nongkrong sambal ngopi-ngopi. Jadi, tidak heran, sejauh mata memandang deretan warung kopi banyak kamu jumpai. Salah satunya Kedai Kopi On Mada. Kedai ini juga cukup terkenal disini. Banyak pejabat  daerah nongki-nongki disini. Tidak hanya pejabat, anak muda, pengusaha kebun dan tukang becak sekali pun, suka nongki sambil ngobrol ngalur ngidul soal apa saja. Kalau soal rasa kopinya, tidak jauh berbeda dengan warung kopi lainnya. Meski identic dnegan roti bakar dan sarikayanya, tapi, tentu pasangannya adalah kopi atau teh sambal mencicipi roti bakarnya. Penasaran pengen merasakan sensasi warung kopi ini? Mampir yukk!!

6.     FRUTY-FRUTY (Jln: Imam Bonjol)

Rujak, miso dan satenya cukup terkenal disini. Meksi banyak jenis kudapan lain bisa kamu jumpai disini. Fruty-Fruty memang sudah cukup lama berdiri. Mungkin salah satu pelopor tempat makan yang menyediakan aneka jenis makanan di satu tempat. Ya, one stop culinary gitu deh.  Soal harga juga masih terjangkau dan tidak membuat kamu jatuh miskin meski sudah menyikap aneka jenis makanan disini.

7.     PAGARUYUNG (Jln; Veteran)

Sejak masih kecil, tempat ini sudah berdiri di kota RantauPrapat. Jadi bisa di hitung berapa lama usia tempat nongkrong segala jenis usia ini. Pagaruyung  berada di jalan Veteran. Tempatnya sama seperti tempat kuliner yang sering dijumpai di kota-kota kecil di Singapura atau Kuala Lumpur. Deretan kursi dan meja untuk para pengunjung tertata dengan rapi. Begitu juga dengan deretan gerobak penjual aneka jenis makanan dan minuman tersedia disana.


Kamu tingga pesan makanan apa yang kamu suka.  Nasi Goreng, Mie Rebus, Mie Goreng, Nasi Padang, Nasi Lemak, Martabak Manis, Martabak Asin dan banyakkkk jenis makanan lainnya. Begitu juga dengan minumannya. Mulai dari kopi, kopi susu, teh manis panas/dingin, Bandrek susu, telur setengah matang, kopi telor dan lain-lain.  Pagaruyung sering dijadikan tempat kongkong-kongkow semua kalangan.  

8.     KEDAI MIE ACEH SEULANGA

Kedai ini juga tidak kalah ramainya dengan kedai-kedai lainnya. Sangkin ramainya, Seulanga memiliki beberapa cabang di kota RantauPrapat. Kedai ini terkenal dengan Mie Aceh-nya. Mulai dari yang goreng sampai kuah. Meski banyak jenis makanan lainnya yang terhidang. Ya, rata-rata makanan khas Aceh. Nasi Goreng Aceh, Roti Cane kuah kare atau taburan gula pasir dan susu. Minumannya tidak ketinggalan kopi hitam dan kopi susu ditambah dengan minuman lainnya yang selevel dengan minuman tersebut.


Banyak pengunjung datang kesini duduk-duduk hingga menjelang dini hari. Konon katanya buka hingga 24 jam. Dan, saya pernah mencoba nongki-nongki hingga pukul 1 dini hari hanya untuk internetan smabil memesan kopi susu dan roti cane.Enakkk!!

9.      PUJASERA LAPANGAN IKA BINA (jln: MH. Thamrin)

Tempat ini berada persis di sisi kiri dan kanan pintu masuk Lapangan Ika Bina RantauPrapat. Banyak stand atau gerobak makanan nangkring disitu. Pengunjung yang ingin berantai-santai di tempat ini pun bebas mau duudk dimana. Karena banyak tempat duduk disediakan ditempat ini. Menikmati makanan dan minuman sambil menatap lalu lintas yang melintasi di depan Kantor Polisi RantauPrapat.


Kalau soal makanan, tentu banyak makanan yang lezat untuk kamu cicipi. Ada miso, bakso, nasi goreng dlll. Juga aneka jenis minuman sebagai pelengkapnya.

10.  KAFE KOK TONG (Jln: Kartini )

Tempat dan suasananya cukup cozy. Lokasinya juga tidak terlalu brisik karena lalulintas kendaraan. Bisa dimaklumi karena tempat ini sedikit menjorok ke dalam sebuah kawasan yang terdapat banyak tempat nongkrong alias berada di belakang ruko-ruko di Jalan Kartini.

Aneka jenis kopi bisa kamu pesan disini. Karena Kok Tong sendiri merupakan sebuah nama brand kopi yang cukup melegenda. Saya juga kaget tiba-tiba sudah ada kedai kopi dengan brand tersebut. Mungkin karena rasa dan aroma kopinya yang sudah melegenda dan familiar di lidah penikmat kopi di Sumatra.

Selain kopi, kamu juga bisa mneikmati jenis minuman lainnya. Mulai dari teh, jus dan sesuai keinginan. Makanan berat dan ringan bisa mengganjal perut kamu yang gampang lapar. Atau sekedar mengganjal perut, roti dan kue kue lainnya bisa kamu nikmati sambil menikmati segelas kopi kesukaan kamu.

Demikianlah, 10 daftar tempat Kuliner yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota RantauPrapat. Mungkin ada beberapa rekomendasi yang menurut kamu bisa dijadikan referensi. Selamat menkmati !!!




Comments

  1. Info buat mie par-parnya mana katua..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha.... nyusul

      Delete
    2. Dekat jl gajah mada dan jl.seiringo ringgo enak itu mie par par ya kenapaa khas mie par par gak ada ya haa

      Delete
  2. welcom to rantauprapat gyus...hehehe

    ReplyDelete
  3. Bakso Prima Gak masuk ea Gan ??
    Kalo ke ranto pasti makan dstu

    ReplyDelete
  4. Kok tong dibagan batu riau pun ada ketua.

    ReplyDelete
  5. Brti kam baru dari ranto ya tur?
    Soalnya labong kan baru buka beberapa minggu ini.. hihihi

    ReplyDelete
  6. Ujung2nya mau endirse

    ReplyDelete
  7. Nice post.. jangan lupa kunbalnya gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan